Latest Download:
Home » , » Cara mengedit blogspot/blogger template agar SEO Friendly

Cara mengedit blogspot/blogger template agar SEO Friendly

Minggu, 24 Februari 2013 | 1komentar

template agar SEO Friendly

Cara mengedit Blogspot agar SEO Friendly - Sepertinya juragan lagi tergila-gila buat belajar tentang SEO. Jadi kali ini postingnya juga masih tentang Tips SEO ( Search engine optimization ) * bener gak yah tulisannya :o hhe * . Postingan kali adalah kumpulan dari semua cara yang juragan ketahui tentang men-SEO-kan template blogger / blogspot kita. Jadi kalo ada yang kurang silahkan sobat-sobat blogger tambahkan ilmu yang sobat miliki melalui kolom komentar. Tutorial step by step mengedit template blogger / blogspot agar SEO Friendly ini adalah hanya salah satu cara untuk meningkatkan SERP ( apa itu SERP dapat sobat baca disini ). Nah dari pada sobat ketiduran ngedengerin ocehannya juragan yang gak jelas, lebih baik kita langsung membahas step by step Complete SEO Guide untuk blogger templates :

1. Page Title (Merubah Tag Heading H1 H2 H3 Agar Seo Friendly)

Supaya menjadi Seo Friendly maka Tag Heading H1, H2, H3 tersebut perlu untuk diatur kembali penyusunannya. Tag heading yang benar akan mampu meningkatkan kualitas blog terhadap optimasi SEO.


Apa sih sebenarnya Tag Heading H1, H2 dan H3 itu ? ok saya kasih penjelasannya :

     1. Tag Heading H1 = adalah title/judul blog

     2. Tag Heading H2 = adalah judul postingan/artikel

     3. Tag Heading H3 = adalah widget


   Berikut langkah Merubah Heading Tag supaya Seo Friendly :

     1. Login ke Blogger anda

     2. Rancangan

     3. Edit HTML dan centang Expand Widget Template


A. Cara di bawah ini yaitu menjadikan tag h2 sebagai judul postingan/artikel

     1. Cari kode seperti dibawah ini :

<h3 class='post-title entry-title'><b:if cond='data:post.link'><a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a><b:else/><b:if cond='data:post.url'><a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a><b:else/><data:post.title/></b:if></b:if></h3>

     2. Silahkan ubah tag h3 menjadi h2

     3. Lalu cari kode seperti di bawah ini :

<h3 class='mobile-index-title entry-title'> <data:post.title/> </h3> 

     4. Ubah tag h3 menjadi h2 


B. Lanjut dengan merubah Tag Heading pada widget 

     1. Carilah kode seperti dibawah ini pada template anda :

<!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if>

     2 Silahkan anda ganti tag h2 menjadi h3

     3. Tergantung pada widget anda di homepage, apabila widget anda ada 7 buah, ya ubah 

          yang 7 buah widget anda di homepage untuk menjadikan tag h2 menjadi h3

     4. Selesai dan simpan template

     5 Cek hasilnya dengan klik link ini : H and ALT Tag Checker 


Dengan mengatur Tag Heading h1, h2 dan h3 seperti penjelasan di atas, maka menjadikan tag heading bawaan dari blogger yang awut - awutan sekarang sudah rapi dan semakin seo friendly dan judul dari artikel yang anda buat akan cepat terindex google.


2. Meta keyword dan deskripsi


1. Masuk Blogger >> Klik Template >> Edit HTML >> Lanjutkan (jangan lupa centang Expand Template Widget), cari kode di bawah ini:
<title><data:blog.pageTitle/></title>
2. Letakan kode berikut ini di bawah kode <title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content='Tulis deskripsi kamu disini'  name='description'/><meta content='tulis keyword1 keyword2 keyword3 kamu disini' name='keywords'/> <meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>
Penjelasan :
<meta content='Tulis deskripsi kamu disini'  name='description'/>
Kode di atas disebut dengan meta tag deskripsi yang berisikan tentang deskripsi atau gambaran umum tentang blog kita. Contoh nya:
<meta content='Kumpulan Info Terbaru'  name='description'/><meta content='tulis keyword1 keyword2 keyword3 kamu disini' name='keywords'/>
Kode di atas disebut meta tag keyword kode ini lah yang menentukan keyword sebagai senjata utma dalam seo. Dalam menuliskan keyword harus di tandai dengan tanda pemisah ( , ) atau ( | ) tidak boleh di ulang-ulang misalkan begini: info terbaru, info terkini, info seru. Terlihat jelas bahwa dalam penulisan tersebut terdapat kata yang berulang-ulang yaitu info. Hal ini akan di anggap sebagai spam oleh google. Berikut contoh penulisan keyword yang benar
<meta content='info terbaru, terkini, seru'  name='keywords'/><meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>
Kode di atas adalah meta tag robots, tujuan nya adalah mengizinkan robot search engine atau spider untuk mengindex blog kita. Ini sangat berguna supaya halaman-halaman kita terbaca oleh search engine.


3. memasang Breadcrumbs.
Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada diatas sebuah posting atau artikel. Contohnya bisa dilihat diblog-nya juragan ini. Cara pasangnya juga sudah banyak dibahas di blog-blog guru blogging. Silahkan sobat cari di google dengan kata kunci “ cara membuat menu breadcrumbs”.

4. memasang Related Post.
Related post sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi pasang related post di blog sobat. Caranya sudah banyak dibahas di blog-blog para guru blogging. Silahkan sobat cari di google dengan kata kunci “ cara membuat related post di blogger”.

5. Mematikan setting archive ( arsip )
Lho ? buat apa juragan ? begini nih, seperti yang juragan bilang tadikan kalo google sangat membenci dengan yang namanya duplicate content. Jadi ketika kita mengaktifkan opsi arsip, misalnya kejadiannya seperti ini :
sobat membuat sebuah blog di blogger.com. lalu membuat 3 posting, 1 buah setiap hari. Maka di halaman utama atau homepage sobat akan ada 3 posting dan sebuah link arsip seperti ini, http://BLOGSOBAT.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, pada halaman arsip tersebut akan memunculkan 3 posting yang sama dengan yang di munculkan oleh homepage.
Intinya, 2 buah link yang menuju 2 halaman yang berbeda tapi memiliki isi konten yang sama. Bagi search engine apa lagi google ini adalah masalah serius. Oleh karena itu kita sebaiknya me-non-aktifkan opsi arsip, caranya : setelah login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai simpan setting.

Atau jika tidak ingin menonaktifkan fungsi arsip, silahkan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

6. Menambahkan kode ‘rel=canonical’
Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para master of SEO bilang bahwa google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content ( *jadi buat yang kerjanya Cuma bisa copas hati-hati nih sebelum didepak dari gugel..xixixi*). Cara nya di edit html tambahkan kode berikut setelah kode <head>

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Save template dan selesai

7. Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting sobat dengan tag H1. Caranya cari kode berikut :

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

Kode yang dicetak tebal(warna Biru) dihapus dan ubah dari h3(atau pada beberapa template menggunakan h2) menjadi h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode 
]]></b:skin>

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

Nah, jadi Cuma segitu yang juragan tau tentang bagaimana men-edit blogger template kita biar jadi lebih SEO Friendly. Silahkan dicoba  , oia ampir lupa, lebih bagus lagi jika blog sobat dipasang read more nya. Tapi tidak juragan bahas karena rata-rata blogger sudah memasang read more-nya. Hmm, yang masih kurang ngerti silahkan Tanya melalui kolom komentar. Terima kasih sebelum dan sesudahnya

4.5
Share this article :

1 komentar:

 
Support : Creating Website | Blogger Template | Mas Template
Copyright © 2011. Download Softwere Full Version - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger